Published On: Kam, Nov 15th, 2018

CATATAN KECIL DARI SUDUT DESA SENDANGAGUNG

 

“gobel” wisata goa belah; Konon, di goa inilah Empu Supo pernah bersemedi di goa ini, konon ada cekungan bekas tempat bertapanya

Sendangagung – Desa Sendangagung, desa yang berada di pesisir utara Kabupaten Lamongan, di wilayah Kecamatan Paciran, memiliki karakter masyarakat yang berbeda dengan masyarakat di desa lainnya. Di satu sisi Sendangagung mempunyai potensi luar biasa yang mampu dikembangkan menjadi sebuah ekonomi desa, dimana mampu mengangkat derajat ekonomi masyarakat secara keseluruhan menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Namun, potensi itu tidak disadari oleh masyarakat setempat, terlebih lagi untuk membuka peluang supaya potensi-potensi yang ada di desa Sendangagung menjadi ladang bisnis dan perkembangan ekonomi. Untuk itu, dibutuhkan upaya membuka mindset masyarakatnya, dan hal itu bukan tindakan mudah. Sebab masyarakat tidak mudah menerima hal-hal yang baru, terlebih lagi hal-hal yang sama sekali belum pernah ada di desa mereka.

Namun, belakangan ini ada upaya pemerintah desa untuk membangkitkan dan menggali potensi-potensi yang ada mulai dilakukan secara perlahan-lahan. Pembentukan BUMDesa merupakan salah satu upaya untuk menggali potensi potensi yang mampu dijadikan lumbung ekonomi.

Sejak awal pembentukan BUMDes pada akhir 2015 lalu, upaya yang dilakukan adalah menggali potensi yang mampu dijadikan sebagai wisata. Dengan demikian, kedepannya Desa Sendangagung diharapkan akan menjadi destinasi wisata desa yang mampu mendatangkan turis-turis baik turis domestik maupun turis mancanegara. Pandangan kenapa wisata desa menjadi salah satu gagasan atau ide dalam upaya menumbuhkan potensi ekonomi di Desa Sendangagung, tak luput dari potensi yang dimiliki oleh desa itu sendiri. Kemudian dengan menjadikan Desa Sendangagung sebagai destinasi wisata desa maka punya banyak efek domino terhadap ekonomi-ekonomi yang lainnya. Diantaranya, wisata akan menyerap banyak tenaga kerja baru khususnya bagi para pemuda di desa itu sendiri. Potensi lain yang bisa muncul adalah pertumbuhan ekonomi-ekonomi kecil atau industri industri kecil mulai dari industri olahan makanan sebagai oleh-oleh, industri kerajinan sebagai buah tangan cenderamata turis-turis yang datang nanti.

 

Pemandangan di jalan arah pintu masuk Wisata Gobel “Goa Belah”,sangat eksotik buat selfi

Berbagai upaya yang dilakukan oleh pengurus BUMDes saat itu dibantu Pemerintah Desa serta BPD belum mampu menyadarkan atau membuka mindset masyarakat bahwa Desa Sendangagung punya potensi luar biasa untuk menjadi destinasi wisata desa yang tak kalah dengan desa-desa lain. Seringkali gagasan menjadikan Desa Sendangagung sebagai destinasi wisata desa dianggap sebuah ide gila atau bahkan ide yang tidak masuk akal.

Berbagai upaya sosialisasi dilakukan bahkan sebuah tindakan pun dilakukan dengan menciptakan wisata edukasi batik di mana batik sebagai salah satu ikon yang dimiliki Desa Sendangagung dan sekaligus ikon dari Kabupaten Lamongan telah dilakukan. Beberapa kalangan khususnya dari para siswa sekolahan sudah berdatangan ke Desa Sendangagung untuk mempelajari batik melalui wisata edukasi batik. Tapi, kenyataan ini belum juga mampu membuka pikiran masyarakat betapa besar potensi Desa Sendangagung untuk menjadi destinasi wisata luar biasa, bahkan mampu menjadi destinasi wisata desa mendunia.

 

Pintu masuk Wisata Gobel “Goa Belah” saat di foto dari dalam Goa

Di Desa Sendangagung ada budaya yang cukup menarik yang jika dilihat dari sisi pariwisata maka memiliki daya tarik dan daya jual yang luar biasa termasuk ke turis mancanegara. Demikian juga dengan potensi alam-alamnya, di mana Sendangagung memiliki berbagai keunikan mulai dari gua, bukit, bahkan hutan yang tidak kalah dengan desa-desa lain. Semua itu hanga butuh satu polesan kecil saja untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Tapi sekali lagi, untuk menjadikan Desa Sendangagung sebagai destinasi wisata desa tidak lepas dari bagaimana masyarakatnya mampu menerima, mampu mendukung, mampu membuka mindset mereka bahwa Sendangagung bukan sebuah desa kecil potensi, namun sebuah desa yang kaya akan potensi dan potensi itulah yang akan mampu membangkitkan ekonomi-ekonomi desa.

 

Parkir Bawah Wisata Gobel “Goa Belah” dengan hamparan pohon jati, bisa digunakan untuk santai dan makan bersama keluarga

Upaya-upaya terus dilakukan termasuk dengan pemerintah Kabupaten Lamongan supaya mau melirik Desa Sendangagung dan membantu pengembangan destinasi wisata desa Sendangagung. Sebuah titik cerah muncul akan realisasi sebuah gagasan destinasi wisata desa ini dengan adanya konsultan wisata yang didatangkan Pemerintah Kabupaten Lamongan ke Desa Sendangagung. Konsultan wisata ini barulah membuka pikiran-pikiran dari beberapa kalangan masyarakat.  Mereka baru sadar bahwa potensi-potensi yang ada Desa sendangagung benar-benar luar biasa setelah disampaikan oleh orang-orang yang memang punya kapabilitas dan pengalaman dalam pengembangan pariwisata. Padahal sebelumnya pihak BUMDesa dan Pemerintah Desa  Sendangagung selalu melakukan upaya-upaya sosialisasi, bagaimana ketika nantinya Desa Sendangagung menjadi destinasi wisata desa, apa yang akan terjadi dalam perkembangan ekonomi, apa yang akan terjadi pada dampak-dampak sosialnya. Dimana keberadaan budaya-budaya lokal yang ada dipertahankan karena budaya itulah yang menjadi daya jual nantinya.

Upaya upaya yang telah dilakukan selama kurang lebih 2 tahun belakangan ini hanya menyisakan sebuah kekalutan pemikiran pada masyarakat, yang tentunya hal itu menyita waktu dan pikiran dari sebagian masyarakat yang ingin mengembangkan Desa Sendangagung menjadi lebih maju ke depannya.

Mudah-mudahan, terbukalah mindset masyarakat secara perlahan-lahan, sehingga mampu menggerakkan pemuda-pemuda desa Sendangagung yang sebetulnya punya potensi luar biasa, mereka mau mendukung bahkan terlibat langsung dalam pengembangan destinasi wisata desa di Desa Sendangagung. Harapan besar yang bisa kami lontarkan dari sudut Desa Sendangagung ini adalah ketertarikan, keterlibatan masyarakat khususnya pemuda terhadap program Desa Sendangagung, di mana nantinya akan mempunyai efek domino ekonomi terhadap masyarakat lain di desa ini. Semoga kedepan Desa Sendangagung sebagai desa yang secara otonom pada anggaran Pendapatan Asli Desanya, mampu mensejahterakan masyarakatnya sehingga mampu menjadi desa yang benar-benar mandiri dan berdikari. ( LUTFIYU HANDI, Direktur BUMDes “SaM” Desa Sendangagung )

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>