Published On: Sel, Agu 15th, 2017

PEMILIHAN CUNG & BENG 2017 ; WUJUD IDE KREATIF KARANG TARUNA SENDANGAGUNG

Oleh : PANUT SUPODO

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.16.53

Ajang bergensi, pemilihan Cung Beng 2017 ; Photo By ; Ja’al

Rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 dilaksanakan secara meriah di Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Meski masih belum usai dan menyisakan beberapa kegiatan, namun setidaknya kemeriahan tersebut dibuktikan saat digelar ajang puncak pemilihan Putra-putri Sendangagung tahun 2017 pada hari Minggu, 13 Agustus 2017 bertempat di Café Jandom.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.16.55

Jaka Galang Rambo Anarki ” Juara 1 Cung 2017 ” saat menerima penghargaan dari Karta (Karang Taruna) yang diberikan Kades Sendangagung, Panut Supodo ; Photo By ; Ja’al

Perhelatan ajang unjuk bakat remaja yang bertajuk “Pemilihan Cung & Beng Sendangagung Tahun 2017” dimulai sejak tanggal 11-13 Agustus 2017 dan diikuti 13 (tiga belas) peserta laki-laki (Cung) dan 14 (empat belas) peserta perempuan (Beng) berasal dari utusan perwakilan RT masing-masing.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.16.51

Desinta Yuniarti ” Juara 1 Beng 2017″ saat menerima penghargaan dari Karta (Karang Taruna) yang diberikan Kades Sendangagung, Panut Supodo

Untuk bisa sampai pada acara puncak pemilihan Cung & Beng tersebut para peserta wajib mengikuti beberapa tahapan seleksi yang diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana (Karang Taruna), mulai tes tulis, tes bakat, fashion show, presentasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para Panelis untuk menguji intelektualitas, pengetahuan umum, pengetahuan tentang Desa Sendangagung serta pandangan-pandangan peserta terhadap upaya memajukan desa. Dalam persaingan yang cukup ketat akhirnya terpilih Jaka Galang Rambo Anarki sebagai Cung dan Desinta Yuniarti sebagai Beng Sendangagung Tahun 2017.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.16.50

Ah.Afiful Hakim ” Juara 2 Cung 2017″ saat menerima penghargaan dari Karta (Karang Taruna) yang diberikan Kades Sendangagung, Panut Supodo ; Photo by. Ja’al

Hadir sebagai dewan juri dalam pemilihan Cung & Beng tersebut adalah dari kalangan akademisi dan praktisi seni yaitu Bapak Rodli, S.Pd, M.Pd dan Bapak Muhammad Miftakhul Arifin, S.Sn. Sedangkan sebagai Panelis berasal dari unsur BPD dan BUM-Desa Sendangagung.

Acara yang diselenggarakan secara tertib dalam setiap tahapan pemilihan yang dilaksanakan, menumbuhkan kesan tersendiri pada Bapak Rodli, salah satu dewan juri. “Ini luar biasa. Acara yang setingkat Desa dan baru pertama kali digelar tapi dapat dilaksanakan secara serius dan tertib.”  Ujar Staf Pengajar di Unisda Lamongan tersebut yang juga sering terlibat dalam penjurian pemilihan putra-putri Kampus dan kegiatan serupa di tingkat Kabupaten Lamongan. “Kemampuan para pesertanya juga melebihi ekspektasi saya.” Lanjutnya.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.17.03

Ismawati ” Juara 2 Beng 2017″ saat menerima penghargaan dari Karta (Karang Taruna) yang diberikan Kades Sendangagung, Panut Supodo ; Photo By. Ja’al

Harus diakui, bahwa penyelenggaraan Pemilihan Cung & Beng dalam acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 ini adalah gagasan kreatif yang muncul dari Karang Taruna Desa Sendangagung. Sebuah pergelaran yang tidak hanya meriah tapi juga menanamkan nilai-nilai. Sekaligus menjawab kegelisahan beberapa kalangan yang sempat berpikir mengenai korelasi acara-acara agustusan yang sangat familiar di masyarakat dengan esensi dari sebuah peringatan kemerdekaan sebuah Negara itu sendiri.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.16.59

Ah.Rijal Waskito ” Juara 3 Cung 2017″ saat menerima penghargaan dari Karta (Karang Taruna) yang diberikan Kades Sendangagung, Panut Supodo ; Photo By. Ja’al

Kemerdekaan yang dicapai adalah sebuah anugerah luar biasa dari Allah SWT yang diturunkan kepada bangsa ini. Dan hal itu diperoleh melalui proses yang memakan waktu, energy dan berbagai pengorbanan yang seluruhnya tidaklah ringan.  Sehingga akan lebih bijaksana apabila peringatan tersebut tidak hanya diisi dengan perayaan pesta pora dan lucu-lucuan saja. Melainkan selain renungan suci di malam tujuh belasan yang secara rutin dilaksanakan, maka tidak ada salahnya juga dilaksanakan kegiatan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan memacu peningkatan sumber daya manusia di berbagai bidang.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.17.04

Dinda Fitri Nazlatunnuha ” Juara 3 Beng 2017″ saat menerima penghargaan dari Karta (Karang Taruna) yang diberikan Kades Sendangagung, Panut Supodo ; Photo By . Ja’al

Oleh karenanya apresiasi tinggi untuk Karang Taruna Sendangagung yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan yang inovatif, dan memiliki korelasi tinggi dalam memaknai dan mengisi sebuah kemerdekaan.

Ada beberapa harapan yang dapat dicapai melalui kontes pemilihan Cung & Beng Desa Sendangagung, antara lain :

  1. Mendorong kreatifitas remaja Desa

Sebagai warga desa, remaja sangat perlu diberikan ruang untuk berkreasi mengembangkan potensi dan bakat-bakat positif yang dimiliki.

Selain itu juga dapat digali pemikiran dan ide-ide segar dari kalangan remaja dalam rangka mewujudkan desa membangun.

  1. Mendorong kemauan warga untuk mengetahui dan mempelajari lebih jauh tentang sejarah, budaya, potensi dan segala sesuatu tentang Desa Sendangagung.

Tak dapat dipungkiri bahwa pengaruh budaya asing demikian kuat menerjang kehidupan remaja, sehingga apabila tidak segera ditanggulangi maka akan menjadi keniscayaan bahwa desa ini akan memiliki warga yang tidak mengenali sejarah, budaya, tradisi, adat istiadat, potensi dan asal usul desanya.

  1. Membiasakan berkompetisi secara sehat

Putra-putri Desa perlu diberi fasilitas untuk latihan berkompetisi secara sehat agar tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan sportif sebagai dasar penempatan pengembangan intelektualitasnya, sehingga diharapkan ke depan menjadi warga desa yang cakap dan memiliki daya saing kuat untuk dapat berperan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada zamannya.

  1. Sarana sosialisasi program-program Desa

Sebagai sarana yang tepat untuk mensosialisasikan program, potensi, kewenangan dan hambatan-hambatan yang ada di desa. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan warga dalam kegiatan pembangunan.

  1. Menguatkan rasa cinta Desa

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “Tak kenal maka tak sayang”. Oleh karenanya dengan semakin mengenali desa, diharapkan dapat menanam dan meningkatkan rasa cinta kepada desanya.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.14.05

Panelis Cung Beng 2017 dari Kiri-Kanan; Luthfi Yuhandi (Bumdes),Wahid Mahmudi,S.Ag dan Abdul Kholiq,S.Aq (BPD) didampingi Sekdes Iswandi

Kemudian selain Pemilihan Cung & Beng ke depan diharapkan dapat dilaksanakan kegiatan festival-festival budaya dan keagamaan atau tema-tema tertentu yang dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.12.29

Suasana penonton ajang pemilihan Cung&Beng di Cafe Jandom yang pertama kali diadakan di tingkat Desa di Lamongan

Selanjutnya disampaikan SELAMAT kepada segenap Panitia PHBN Tahun 2017 dan Karang Taruna yang telah berhasil membuat gebrakan Pemilihan Cung & Beng Sendangagung Tahun 2017.

WhatsApp Image 2017-08-15 at 16.16.49

Dari Kiri-kanan ( Ephi,Hariyanto- Pengurus Karta), Panut Supodo (Kades) Rodli, S.Pd, M.Pd dan Muhammad Miftakhul Arifin, S.Sn. ( Juri Cung&Beng–Praktisi Seni Lamongan–) Teguh (Pengurus Karta), Daffa ( Host –Direktur Cafe Jandom) Photo By; Ja’al

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>