Published On: Rab, Jun 29th, 2016

Semangat Membumikan Esensi Ramadhan, Darul Arqom PR IPM Desa Sendangagung

Darul Arqom 2016Sendangagung-Jum’at (24/06) hingga Senin (27/06), PR IPM Desa Sendangagung menggelar salah satu even terbesar mereka. Dengan menggandeng instansi SMP Muhammadiyah 12 Paciran sebagai promotor acara, mereka berhasil mengadakan perkaderan Darul Arqom dan Fortasi 2016. Tidak hanya satu jenis acara, melainkan dua acara ditambah dengan kegiatan Fortasi (Forum Ta’aruf dan Orientasi) bagi peserta yang hendak masuk ke kelas 7 SMP.

Dengan total 84 peserta yang keseluruhannya berasal dari Sendangagung, acara Darul Arqom dan Fortasi kali ini mendapat sambutan yang hangat dari pihak wali murid, sekolah, hinga guru yang mana tergolong sukses. Hal tersebut dikarenakan tujuan dari acara ini adalah untuk melakukan penggemblengan mental spiritual, akhlaq, hingga keilmuan di tengah – tengah bulan Ramadhan.

Sementara untuk Fortasi, memiliki tujuan yang lebih khusus yaitu memperkenalkan sekolah dimana mereka akan belajar serta persyarikatan Muhammadiyah yang membawahi mereka. Dan hal ini telah termaktub dalam SPI Merah milik Pimpinan Pusat IPM yang mengharuskan seluruh sekolah Muhammadiyah untuk mengganti kegiatan orientasi yang bernama MOS, menjadi Fortasi khas Muhammadiyah.

Dengan mengangkat tema “Membumikan Esensi Ramadhan, Membangun Tradisi yang Berkepribadian, Berwawasan, dan berkemajuan”, jelas bahwa pihak penyelenggara menginginkan terjadinya integrasi yang nyata antara para peserta dan bulan Ramadhan. Yang mana nantinya dengan acara itu diharapkan akan membentuk para kader yang memiliki kepribadian yang baik, berwawasa, dan tentunya berkemajuan.

Karena kita semua sadar bahwa kebanyakan orang terutama dikalangan remaja menganggap bahwa bulan Ramadhan hanyalah sebatas jembatan penghubung menuju salah satu hari raya milik umat islam, yaitu Idul Fitri. Oleh karena itu, pihak penyelenggara mencoba untuk membumikan esensi ramadhan di tengah – tengah para peserta. Tidak hanya memberi pengertian tentang bulan ramadhan, tetapi juga bagaimana mereka menyelami keindahan ramadhan lewat kegiatan Darul Arqom dan Fortasi 2016 kali ini.

Di hari terakhir ketika acara penutupan, perwakilan Pimpinan Cabang IPM Paciran pun menyampaikan sepatah kata lewat sambutannya, bahwa Darul Arqom bukanlah puncak atau akhir dari perjalanan menuntut ilmu, penggemblengan mental serta menyelami esensi ramadhan. Melainkan ini adalah awal bagi para peserta untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi di hari – hari setelah Darul Arqom, maupun di bulan – bulan setelah ramadhan.

Karena tolak ukur kesuksesan sebuah even atau acara pembentuk kepribadian seperti halnya Darul Arqom bukan terletak pada seberapa sukses acara itu digelar, melainkan seberapa berhasil seluk beluk acara tersebut diingat oleh para peserta dengan perwujudan perubahan menuju individu yang lebih baik. (Wahyu)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>