Published On: Rab, Mar 16th, 2016

RUJAK ” KOWEL “, RUJAK KHAS SENDANGAGUNG

rujakRujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Singapura dan di sana disebut ” rojak “.

Rujak Kowel adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.. Dalam bahasa orang kampong Sendangagung, kata ” Kowel “ berarti ” campur-campur “, hal ini merujuk pada bahan irisan berupa beberapa jenis buah ke dalam hidangan. Rujak Kowel ini biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti papaya, timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, tela rambat kemudian ditambah lontong, tahu, peyek serta sayuran seperti kecambah/ taoge, kangkung, dan kacang panjang.

Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, terasi udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, tomat, asam jawa,cabai , kacang tanah yang digoreng / gula jawa ( tanpa kacang tanah ), bawang goreng, garam, kecap. Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek di cobek ( cowek ; istilah masyarakat Sendangagng ) yang terbuat dari batu kali atau tanah liat.

Dalam penyajiannya rujak kowel dengan alas pincuk (daun pisang) dengan cara di takir ( dilipat belakangnya dan direkatkan dengan biting / lidi kecil yang diruncingkan, terbuat dari irisan bambo ) atau dibotok. Biasanya dimakan dengan peyek / kerupuk. (el)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>