Published On: Ming, Feb 28th, 2016

MUDUK, NASI KUNING KHAS SENDANGAGUNG

Share This
Tags

"Nasi Muduk " kuliner khas Sendangagung“Muduk “ begitu masyarakat Sendangagung menamai kuliner yang satu ini, orang luar desa Sendangagung mengatakan ” nasi uduk “. Padahal dua hal yang berbeda, dari segi tampilan mungkin mirip karena warnanya yang sama-sama kuning, tapi rasa oooo tentu beda, bagaimana tidak ? ” nasi muduk “ ini memang tergolong masakan khas yang tidak akan pernah di jumpai di tempat lain, selain rasanya suedep dengan bumbu dan rempah lengkap, masakan ini disajikan dengan irisan cabe rawit sebagai sambal pasanganya. Dijamin kalau sudah tau rasanya ketagihan plus pedasya. Semakin lengkap dengan lauk peyek,telur dadar atau ikan laut.

Nasi uduk ini biasanya dapat dijumpai di penjual rumahan saat sarapan atau makan malam. Tak hanya itu, saat masyarakat punya hajatan menikahkan putra-putri mereka pun kayaknya menjadi makanan favorit yang seolah-olah harus ada dikala para ” pelandang” mempersiapan tempat acara nikahan.

Tetangga pun kebagian nasi muduk tersebut sebagai pertanda bahwa persiapan hajatan dimulai. Unik memang jika bicara ” nasi muduk” selain rasa pedas yang khas plus “maknyus… “ juga kebiasaan masyarakat kaitannya dengan upacara nikahan, dua sisi yang selalu ada (el)

About the Author

-

Displaying 6 Comments
Have Your Say
  1. Moh.Yasan berkata:

    Nasi Muduk benar-benar resep asli Sendangagung, karena tidak bisa ditemukan di tempat lain.
    Sangat berbeda rasanya dibanding nasi uduk atau nasi kuning di luar Sendangagung, jadi kangen pedas, gurih dan wanginya….

  2. Sobyrain berkata:

    Garai eleng wak sayuti

  3. Santri Drajat berkata:

    Wah belum pernah nie…
    kalau es ental pernah,

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>