Published On: Ming, Feb 28th, 2016

GAPOKTAN

Share This
Tags

Gapoktan adalah gabungan dari beberapa kelompok tani yang melakukan usaha agribisnis di atas prinsip kebersamaan dan kemitraan sehingga mencapai peningkatan produksi dan pendapatan usaha tani bagi anggotanya dan petani lainnya.
Tujuan utama pembentukan dan penguatan Gapoktan adalah untuk memperkuat kelembagaan petani yang ada, sehingga pembinaan pemerintah kepadapetani akan terfokus dengan sasaran yang jelas (Deptan, 2006).
Pembentukan Gapoktan didasari oleh visi yang diusung, bahwa pertanian modern tidak hanya identik dengan mesin pertanian yang modern tetapi perlu ada organisasiyang dicirikan dengan adanya organisasi ekonomi yang mampu menyentuh dan menggerakkan perekonomian di Kelurahan melalui pertanian, di antaranya adalah dengan membentuk Gapoktan.
Gapoktan tersebut akan senantiasa dibina dan dikawal hingga menjadi lembaga usaha yang mandiri, profesional dan memiliki jaringan kerja luas. Lembaga pendamping yang utama adalah Dinas Pertanian dan Kelautan Kabupaten Lamongann, di mana para penyuluh merupakan ujung tombak di lapangan. Penguatan dari sisi lain adalah melalui implementasi berbagai kegiatan pemerintah yang didistribusikan ke Desa, dimana Gapoktan selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan yang memungkinkan.
Di Desa Sendangagung terdapat Gapoktan Subur Makmur yang menaungi 4 (empat) Kelompok Tani ( poktan ) , yaitu : Poktan Triso Karyo di lingkungan RW 01 Dusun Semerek, Poktan Sumber Makmur di lingkungan RW 02 Dusun Sendangagung, Poktan Sumbet Rejeki di lingkungan RW 03 Dusun Sendangagung, dan Poktan Sido Subur di lingkungan RW 04 Dusun Mejero. Semua poktan memiliki bidang garapan yang sama, yaitu Pertanian.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>